Jumat, 28 Maret 2014

Instal Microsoft Office 2010 Pada Ubuntu 12.10

Beberapa pemula mungkin merasa sulit untuk menginstal Microsoft Office 2010 di Ubuntu / Linux Mint menggunakan Wine. Dalam tutorial singkat ini, kita akan mencoba untuk memfasilitasi proses instalasi untuk Anda dengan memberikan semua langkah yang diperlukan dan didukung oleh screenshot untuk menikmati Office 2010 di sistem anda. Tetapi mungkin ada beberapa bug yang muncul saat menjalankan Office dan kita tidak dapat memastikan bahwa semua pengguna dapat menjalankannyadengan lancar di komputer Anda.

Hal yang pertama harus kita lakukan yaitu menginstal Wine 1.5.x. Untuk instalasinya Anda hanya tinggal menambahkan PPA melalui terminal dengan menggunakan perintah berikut ini:


sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine1.5

Sekarang jalankan perintah ini untuk membuat folder hiden ".wine" pada direktori Home Anda:

winecfg

Pada jendela yang muncul, buka tab 'Libraries' dan di bawah 'New override for library', cari dan pilih 'riched20' kemudian klik Add:


Klik OK untuk menyelesaikannya..


Jika Anda menggunakan sistem 64-bit dan ingin memaksa Wine berjalan dalam proses 32-bit, Anda dapat menggunakan 2 perintah berikut sebelum melakukan instalasi Office:

export WINEPREFIX=$HOME/wine32
export WINEARCH=win32

Cara instal Office 2010
Sekarang buka folder yang berisi file instalasi Office 2010, klik kanan file setup.exe dan pilih "Open with Wine ...".


Sekarang lakukan instalasi software Office seperti yang Anda biasa lakukan pada Windows:




Setelah menginstal Office 2010, gunakan Unity Dash untuk mencari Word 2010, PowerPoint 2010, OneNote 2010, Exel 2010, atau Outlook 2010:








Semoga berhasil...

Tidak ada komentar: